Apakah Dagcoin sentralisasi apa desentralisasi ?

Terlebih dahulu kita fahami dulu apa makna atau beda sentralisasi apa desentralisasi.

Yang dimaksud dengan sentralisasi adalah central/terpusat sebagaimana fiat money / uang IDR/USD kita terpusat/tersimpan di BANK atau pemilik bank memiliki kontrol penuh terhadap uang kita. Adapun buku tabungan atau angka di ATM/ internet banking hanya ANGKA saja, sekiranya buku tabungan hilang atau password ATM/IB lupa maka kita bisa ganti/klaim ke bank dan uang kita kembali.

Apa Itu desentralisasi?

Yg dimaksud desentralisasi adalah: uang/wallet anda tidak tersimpan di server company/developer melainkan tersimpan di masing2 komputer atau device kita masing2. Itu sebabnya crypto itu tidak mungkin di hacker. Crypto yang mengaku desentralisasi harus punya karakter seperti ini, yaitu dapat di backup di device/laptop kt.

Dan ketika kita kehilangan akses, maka kita dapat me-restorenya. Namun jika kita tidak membackup nya dan suatu ketika kehilangan akses seperti lupa password dsb maka wallet/coin kita juga akan hilang dan kita tidak dapat mengklaim coin/wallet kita ke company. Karena company tidak punya akses/control terhadap wallet kita.

Apa buktinya dag itu desentralize dan bukan sentralisasi?

Kita perhatikan dahulu aplikasi blockchain sebagai tekhnology dari bitcoin, crypto pertama desentralisasi dimana wallet pada aplikasi android contohnya ada menu BACKUP http://prntscr.com/hi0rj6.

Selanjutnya bagaimana dengan DAGCOIN?

Pada aplikasi dagcoin di android di menu setting http://prntscr.com/hi0s3g ada backup dan restore. Dan pada ABOUT DAGCOIN lalu TERMS OF USE kita temuai seperti ini:

http://prntscr.com/hi0stt “Sepenuhnya yang memegang kendali keamanan dana anda adalah DEVICE anda bukan company”

http://prntscr.com/hi0uao “Pembuat software tidak dapat mengambil kembali Kunci rahasia atau password anda yang hilang Dan mereke tidak dapat menggaransi konfirmasi Transaksi sebagaimana mereka tidak dapat Mengontrol jaringan dagcoin.”

http://prntscr.com/hi0uys Jika anda kehilangan akses terhadap wallet, maka duit hilang. Jika ganti HP atau aplikasi di delete, maka dana di wallet dapat di restore/dikembalikan dengan BACKUP.

Demikian semoga bermanfaat & dapat membantu memahami bahwa dagcoin adalah coin asli dan bersifat desentralisasi.

Salam,
Hendra Suryana
Mahasiswa Daguniversity
gg.gg/dagjepara

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.