Google Authenticator

Google Authenticator (GA) adalah sebuah aplikasi besutan google yang berguna seperti TOKEN untuk security/pengamanan sebuah akun yang biasanya berkenaan dengan uang. Berikut fakta tentang GA:

  • GA tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone juga CHROME
  • GA yang ada di Chrome memiliki kelebihan diantaranya ada fasilitas BACKUP dimana jika ter-uninstal dapat di-restore kembali dengan terlebih dahulu disimpan kode backupnya. Demikian juga dapat di copy paste ke chrome/ laptop/ pc lainnya dengan kode token yang sama.
  • Setiap kode yang muncul di GA berdurasi 30 detik dan akan berganti dengan kode yang lain.
  • 1 aplikasi GA yang diinstal di smartphone (chrome) dapat digunakan untuk beberapa akun aplikasi lain yang berbeda.
  • Untuk copy kode di GA cukup tekan & tahan kode tersebut maka kode akan tercopy otomatis tinggal pastekan pada akun yang meminta kode.
  • Jika aplikasi GA terhapus dari smartphone atau smartphone install ulang atau hilang dll, maka instal kembali aplikasi GA akan mengulang kembali scan barcode pada aplikasi yang menggunakan GA dan untuk menghilangkan GA di aplikasi misalnya GMAIL maka biasanya meminta kode verisikasi ke HP. Untuk akun Indodax maka hubungi CS dan mereka akan meminta upload KTP akun tersebut tentunya USERNAME jangan lupa. Untuk akun SWIPEX maka harus menghubungi support via email.

INSTALASI GA

Dalam hal ini kita akan membahas GA yang ada di smartphone saja karena ini yang banyak digunakan ketimbang di chrome. Dan cara pemasangan GA di akun pro.swipex.com berikut langkah-langkahnya:

  1. Instal GA di android atau langsung klik DISINI!
  2. Setelah instal lalu buka apps GA dan klik MULAI dan lewatkan saja apa yang muncul hingga selesai.
  3. Pada halaman tambah akun, pilih PINDAI KODE BATANG
  4. Login ke akun SWIPEX lalu MY PROFILE dan pada opsi Security Preferences geser OFF menjadi ON pada “Enable / Disable Google Authentication” lalu akan muncul BARCODE maka arahkan camera hp anda untuk pindai/SCAN barcode tersebut.
  5. Maka apps GA di hp anda sudah muncul kode dengan nama SWIPEX. Angka 015 110 seperti contoh pada gambar berikut inilah kode GA yang harus anda masukkan pada akun swipex jika GA di swipex telah anda ON kan. Dan kode tersebut akan berubah/berganti setiap durasi 30 detik. Selesai.
  6. Test logout swipex, dan login lagi maka akan diminta kode GA dan input kode yang muncul di apps GA anda. Demikian seterusnya. Jika diangap ternyata merepotkan maka anda tinggal geser OFF lagi penggunaan GA ini di akun swipex anda. Dan jika ini anda lakukan, maka kode GA untuk swipex di apps GA anda tidak berlaku lagi jika anda mengaktifkan kembali untuk kedua kalinya di swipex. Anda delete saja akun swipex di apps GA anda dan ulang lagi caranya seperti awal.
  7. Selamat! akun swipex anda sudah aman dengan pengamanan “bodyguard” from mbah gugel yaitu GA. Insh Alloh jin sekalipun tidak akan dapat login ke akun swipex anda walau tau passwordnya. 🙂

NB: menu TAMBAHKAN AKUN serperti gambar berikut artinya anda dapat menambahkan akun GA lainnya misalnya INDODAX dan lain-lain yang memiliki fasilitas security GA. 

Sehingga nantinya apps GA anda akan seperti ini: 

Demikian semoga membantu, jangan lupa jika dianggap bermanfaat tolong bantu LIKE & SHARE ya…

Terimakasih